Friday 13 September 2019

Install Web Server ( Apache2 , PHP , MariaDB-Server ) Pada Linux Berbasis Debian

Web server adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai penyedia permintaan yang dikirimkan melalui client / browser kemudian server memberikan tanggapan permintaan dalam bentuk halaman situs web atau lebih sering nya berupa HTML.

Bisa sih cara mudah pakai XAMPP / AMPPS paketan aplikasi web server siap pakai. Namum bagi saya paketan ini tidak se-fleksibel dengan instal web server native , yang apache , php , mariadb kita install sendiri sendiri. Memang ini agak butuh kesabaran. Tapi bagaimanapun juga anda harus juga bisa. Karena ini suatu saat anda butuhkan pada kehidupan kerja. Saya belajar install native web server udah 7 kali lebih ha hah. Iya biar lancar , makin sering makin mahir kita bekerja.

Dalam Linux kita dapat membangun web serve menggunakan Apache2 , PHP , MariaDB-Server. Semua kebutuhan aplikasi ini dapat kita peroleh bebas di internet. Berikut akan saya paparkan cara Install Web Server ( Apache2 , PHP , MariaDB-Server ) Pada Linux Berbasis Debian. Dapat dipraktekan juga pada Mint , Ubuntu dan segala distro Linux berbasis Debian.

A.Install Apache2

Apache2 adalah aplikasi web server yang berlisensi open source. Apache2 sudah terdapat pada repository apt. Untuk menginstall nya , buka terminal silahkan ketik
sudo apt install apache2
Jika ada peringatan tekan Y , dan enter untuk mengiyakan.

B. Install PHP dan modul yang sering dipakai

PHP adalah . Versi PHP biasa nya akan sama yanng ada pada repository apt. Disini kita juga akan mengintall php-mysqli , php-gd , php-mbstring. Php-mysqli digunakan untuk menghubungkan php dengan mysqli , php-gd untuk mengenerator php gambar ,  php-mbstring berkaitan dengan string PHP mengelola string non-ASCII dan digunakan untuk konversi string ke pengkodean yang berbeda.

Masih pada terminal pada terminal ketikan
sudo apt install php php-mysqli php-gd php-mbstring mariadb-server
Jika ada peringatan tekan Y , dan enter untuk mengiyakan.

C. Cek Versi Apcahe dan MariaDB

Kita dapat mengecek versi apache nya , pada terminal silahkan ketik
sudo apache2 -v
Akan muncul nomor versi apache

Untuk cek versi mariadb
sudo mariadb -v
Akan muncul nomor versi mariab , disini kan masuk ke mariadb , untuk keluar dari mariadb ketik exit
exit

Selamat anda telah berhasil Install Web Server ( Apache2 , PHP , MariaDB-Server ) Pada Linux Berbasis Debian. Secara default apache2 dan mariadb akan start ketika komputer dinyalakan. Berikut nya kita akan belajar cara stop , start , status pada apache2 dan mariadb.

Tutorial saya buat terpisah dari artikel Install Web Server ( Apache2 , PHP , MariaDB-Server ) Pada Linux Berbasis Debian. Baca di Cara stop , start , status pada apache2 dan mariadb

0 comments:

Post a Comment